5 Tips Membersihkan Botol Susu Bayi dengan Baik 

Tidak semua ibu bisa menyusui si kecil secara langsung, tetapi ada yang memakai botol susu. Apalagi ibu pekerja yang harus tetap pergi ke kantor setelah cuti melahirkan, memberikan susu ASI eksklusif pada bayi bisa dilakukan lewat ASI pompa. Pastikan saja Anda membersihkan peralatan pompa dan botol susu si kecil dengan baik. Jika perlu memanfaatkan diskon perlengkapan bayi untuk set peralatan pompa ASI yang bisa dibawa ke kantor. 

Membersihkan botol susu bayi

Anda tidak boleh sembarangan membersihkan botol susu si kecil sebab kuman atau bakteri bisa saja masih bersarang di sana. Bila Anda tidak memiliki mesin pencuci botol khusus, berikut rekomendasi Orami Shopping dalam membersihkan botol susu bayi secara manual yaitu :

  • Mencuci tangan dan melepas semua peralatan botol susu

Orangtua harus mencuci tangan untuk memastikan diri bersih lebih dulu sebelum melepas semua bagian botol susu seperti botol, dot, katup, dan tutup.

  • Merendam dengan air hangat

Setelah Anda melepas semua peralatan botol susu, bersihkan dengan air mengalir lebih dulu. Siapkan air hangat dan sabun cuci khusus untuk merendam peralatan botol susu selama beberapa menit. Hal ini berguna untuk membunuh kuman dan bakteri tanpa merusak material atau mengubah komponen penyusun botol susu tersebut.

  • Bersihkan dengan sabun dan sikat khusus

Semua bagian botol susu dibersihkan menggunakan sabun pembersih khusus yang mengandung bahan alami dan aman digunakan untuk mencuci peralatan si kecil. Gunakan sikat yang berbulu lembut untuk menjangkau sudut terkecil di dalam botol, dot hingga katupnya. 

  • Keluarkan air dari lubang dot

Lubang dot yang sangat kecil sering terlupakan saat membersihkan peralatan si kecil. Padahal tempat ini bisa menjadi sarang kuman dan bakteri sebab menempel dengan mulut bayi Anda. Bersihkan dengan cara mengalirkan air bersih dari lubang dot untuk memastikan saluran air benar-benar bersih.

  • Bilas dan keringkan 

Bilas seluruh peralatan minum susu si kecil dengan air bersih dan jangan letakkan di wastafel yang rentan menjadi tempat penularan penyakit. Anda bisa mengeringkan dengan handuk bersih berbahan lembut dan letakkan di drying rack khusus untuk peralatan minum susu dan makan si kecil. Jangan mencampurkan peralatan anak dengan milik anggota keluarga lain yang sudah dewasa agar terhindar dari kuman atau bakteri. 

Kebersihan perlengkapan botol susu bayi harus Anda perhatikan demi menjamin kesehatan bayi yang belum memiliki saluran cerna sempurna. Tingkat imunitas bayi yang rendah lebih gampang terserang penyakit bila peralatan minum susu dan makan kurang higienis. 

Selain itu, pastikan Anda membeli peralatan minum susu yang terbuat dari bahan berkualitas bebas bahan berbahaya. Diskon perlengkapan bayi yang memiliki label SNI bisa mendukung tumbuh kembang anak tanpa mengeluarkan dana berlebih. Yuk, beli produk yang Anda inginkan di toko online terpercaya sekarang juga!

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *