Kapal feri Indonesia terbakar di laut, semua 195 penumpang selamat: Resmi

Sebuah feri besar dengan hampir 200 orang di dalamnya terbakar pada Sabtu (29 Mei) berita hari ini kompas. saat bepergian ke sebuah pulau terpencil di timur laut Indonesia, memaksa penumpang dan awak untuk melompat ke laut tetapi tidak menimbulkan korban, kata para pejabat.

KM Karya Indah berada di Laut Maluku menuju Sanana, pelabuhan di Pulau Limafatola, saat kebakaran terjadi sekitar pukul 07.00 waktu setempat, kata Wisnu Wardana, juru bicara Ditjen Perhubungan Laut. Kebakaran dimulai 15 menit setelah kapal itu berangkat dari Ternate, ibu kota provinsi provinsi Maluku Utara.

Video telepon dari insiden yang disediakan oleh Badan Pencarian dan Penyelamatan Nasional menunjukkan penumpang dan kru berpegangan pada benda-benda mengambang saat mereka berjuang di air yang berombak, sementara api yang berkobar di feri mengirimkan awan asap hitam.

Wardana mengatakan semua 181 penumpang, termasuk 22 anak-anak, dan 14 awak kapal diselamatkan dan dievakuasi dengan aman ke pulau terdekat. Dia mengatakan operasi penyelamatan badan tersebut juga melibatkan kapal nelayan lokal yang kebetulan berada di sekitarnya.

Dia mengatakan pihak berwenang masih menyelidiki penyebab insiden itu, dan korban selamat mengatakan kepada pihak berwenang bahwa api tampaknya dimulai di ruang mesin.

Kecelakaan feri sering terjadi di Indonesia, negara kepulauan terbesar di dunia dengan lebih dari 17.000 pulau. Banyak kecelakaan yang disebabkan oleh lemahnya regulasi layanan kapal.

Kasiops Basarnas Ternate, Bram Madya mengatakan, kapal tersebut memuat 181 penumpang dengan 14 ABK. Saat ini korban selamat masih didata setelah proses evakuasi selesai pada 11.30 WIT.

Saat ini proses pendataan penumpamg yang berhasil dievakuasi masih berlangsung karena kita mencocokkan data antara korban yang berhasil dievakuasi dengan manifes apakah sesuai, kata Bram saat dihubungi, Sabtu (29/5).

Selain itu, kata Bram, petugas evakuasi masih banyak berada di sekitar lokasi kapal terbakar. Mereka masih melakukan penyisiran untuk memastikan tidak ada lagi korban yang masih berada di laut.

Untuk kapal Karya Indah sementara ditarik oleh satu tug boat di sekitar situ, ditarik ke pulau terdekat, imbuhnya.

Lebih lanjut, Bram mengatakan, kapal tersebut mulanya berlayar dari Ternate menuju Sanana. Di tengah perjalanan kapal tiba-tiba terbakar. Belum diketahui pasti penyebab insiden ini.

Beruntung kapal tidak sampai tenggelam akibat kebakaran ini. Para penumpang kapal langsung menerjunkan diri ke laut saat api mulai membesar.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *