Tip Untuk Menulis Rencana Bisnis Investasi yang Menang

Dalam pengalaman saya, banyak rencana bisnis Inggris ditulis semata-mata sebagai rencana bisnis investasi untuk mengumpulkan dana. Saya berharap lebih banyak pemilik bisnis akan menjadikan perencanaan sebagai bagian dari operasi sehari-hari mereka. Tetapi karena tidak, saya pikir mungkin berguna untuk mengumpulkan beberapa tip kunci untuk menulis rencana bisnis investasi yang menang.

Ada beberapa potensi jebakan yang perlu diperhatikan oleh pemilik bisnis dan penulis rencana bisnis saat mencari pinjaman atau dana investasi. Saya telah membuat daftar tip utama saya untuk membantu Anda dan penasihat Anda mempersiapkan dan menulis rencana bisnis investasi yang unggul.

Sebelum saya melangkah lebih jauh, perlu ditegaskan kembali bahwa rencana bisnis Anda harus menceritakan sebuah kisah tentang siapa Anda, apa yang Anda lakukan, bagaimana Anda melakukannya dan di mana Anda ingin semuanya berakhir, atau setidaknya ke mana Anda menuju. tiga sampai lima tahun ke depan.

Jika cerita Anda menarik bagi calon investor, Anda perlu membangun kredibilitas dan Anda perlu melakukan ini tanpa membuat mereka menangis, misalnya dalam waktu sesingkat mungkin. Jika Anda tidak pandai menulis dengan jelas dan ringkas tentang diri Anda dan bisnis Anda, ada baiknya mempekerjakan seorang penulis rencana bisnis untuk membantu Anda, untuk selengkapnya di Bacadenk.com.

Pada akhirnya apa yang akan dicari investor adalah apakah perusahaan Anda layak untuk diinvestasikan, yang berarti mereka perlu mengetahui berapa banyak risiko yang terlibat dalam melakukan investasi yang diusulkan.

Berikut adalah beberapa tips dan hal yang perlu dipikirkan saat menulis rencana bisnis investasi Anda

Jual diri Anda dan bisnis Anda

Ingat investor tidak percaya pada Anda dan bisnis Anda, seperti yang Anda lakukan, jadi Anda menjual diri Anda dan bisnis Anda. Tak perlu dikatakan bahwa Anda harus jujur, tetapi juga menunjukkan diri Anda dan bisnis Anda dalam cahaya yang baik. Buatlah sesingkat mungkin. Anda harus bertujuan untuk membuat rencana Anda kurang dari sekitar 30 halaman, tidak termasuk lampiran (bukan 30 halaman dari jenis sangat kecil! 12 poin adalah ukuran jenis huruf yang baik).

Mengatur adegan

Bahkan memulai bisnis memiliki sejarah, jadi jika Anda adalah seorang pemula, katakan mengapa Anda memulai bisnis khusus ini dan apa pengalaman Anda dan tim Anda, itu akan melengkapi Anda untuk menyiapkan dan menjalankan bisnis. Sebuah kata peringatan untuk start-up Anda harus mampu menunjukkan ‘bukti konsep’. Jika Anda tidak dapat melakukan ini, Anda tidak mungkin mendapatkan dana. Jika Anda sudah mapan, bicarakan tentang rekam jejak Anda dan bagaimana Anda sampai di tempat Anda saat ini.

Kumpulkan tim yang bagus dan katakan mengapa mereka bagus

Untuk rencana bisnis investasi, khususnya (kurang dari rencana bisnis untuk pinjaman bank atau cerukan), Anda perlu menunjukkan bahwa Anda telah membentuk tim yang baik, yang mencakup semua keterampilan utama yang Anda butuhkan dalam bisnis Anda, termasuk penasihat keuangan. dan penasihat hukum. Jelaskan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman yang dibawa masing-masing ke bisnis dan apa peran mereka.

Pastikan tidak ada masalah yang belum terselesaikan dalam bisnis atau rencana Anda

Investor tidak ingin ada masalah yang belum terselesaikan yang tersisa dalam rencana, jadi jika ada hal-hal yang perlu diselesaikan, seperti paten yang akan habis, yang sangat penting bagi bisnis, atau orang penting yang akan pensiun, berurusan dengan mereka sebelum mencari investasi.

Sertakan ringkasan eksekutif

Investor ingin merasakan dengan cepat tentang bisnis dan potensi penghasilan Anda, jadi pastikan Anda menyertakan ringkasan eksekutif, untuk memungkinkan pembaca mengukur risiko dan potensi imbalan segera setelah mereka mulai membaca rencana Anda.

Judul berikut adalah panduan untuk bidang konten utama rencana bisnis investasi (jika Anda menggunakan perangkat lunak perencanaan bisnis, semua bagian ini akan dicakup oleh perangkat lunak):

  • Ringkasan bisnis plan
  • Latar belakang umum
  • Lingkungan bisnis
  • Latar Belakang Bisnis
  • Operasi
  • Pemasaran
  • InvestasiRencana Keuangan

Sertakan rencana keuangan yang dipikirkan dengan matang

Rencana keuangan perlu melihat ke depan setidaknya selama tiga tahun dan mencakup perkiraan neraca, perkiraan laba rugi dan perkiraan arus kas. Perangkat lunak perencanaan bisnis yang baik seperti Business Plan Pro sangat berharga dalam membantu Anda menyusun lembaran keuangan. Jangan tergoda untuk terlalu optimis dalam ramalan Anda. Luangkan waktu ke dalam angka Anda untuk memastikan perkiraan Anda seakurat yang Anda bisa membuatnya secara wajar.

Presentasikan rencana bisnis investasi pemenang Anda dengan baik

Presentasi itu penting, jadi ikat rencana Anda, sertakan indeks dan tulis dalam bahasa Inggris tanpa menggunakan jargon. Orang-orang yang membaca rencana bisnis investasi tidak akan memiliki pengetahuan tentang setiap sektor bisnis, sehingga mereka mungkin tidak memiliki pengetahuan tentang sektor bisnis Anda sebanyak Anda. Perlakukan mereka sebagai orang awam yang berpendidikan dalam hal apa yang mungkin mereka ketahui tentang sektor bisnis Anda. Jika rencana Anda sudah ada untuk sementara waktu, perbarui sebelum memberikannya kepada calon investor baru.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *