Ulasan Permainan Kartu Bohnanza

Bohnanza bukanlah permainan baru. Ini awalnya diterbitkan pada tahun 1997 dan selama bertahun-tahun banyak ekspansi telah mempertahankan minatnya. Saya baru saja mendapat kesempatan untuk memainkannya, jadi inilah ulasan saya:

Bohnanza dirancang oleh Uwe Rosenberg, terkenal dengan banyak game sukses lainnya, seperti Agricola, Le Havre, dan Ora et Labora yang lebih baru. Ini sebenarnya adalah permainan yang membuatnya terkenal di dunia permainan papan. Nama “Bohnanza” adalah pelesetan dari kata “bonanza” dan “Bohne” (bahasa Jerman untuk “kacang”). Ini pada dasarnya adalah permainan kartu, satu-satunya komponen adalah kartu yang menggambarkan kacang. Pemain berperan sebagai petani kacang, tujuan utama mereka adalah menanam, memanen, dan menjual kacang dengan sukses. Setiap pemain memulai dengan 2 ladang kacang di mana mereka dapat menanam berbagai jenis kacang, dengan batasan bahwa mereka boleh menanam kacang dari satu varietas di setiap bidang. Semakin banyak pemain menunggu biji itu tumbuh, semakin banyak biji dari varietas yang sama yang mereka tanam di setiap ladang, semakin banyak koin yang bisa mereka dapatkan untuk memanen dan menjualnya. Tetapi kadang-kadang mereka mungkin terpaksa melepaskan tanaman kacang tertentu bahkan sebelum memiliki kesempatan untuk menjualnya untuk mendapatkan keuntungan.

Setiap pemain mulai dengan 5 bean card di tangan mereka dan sisa kartu menjadi draw deck. Dan inilah aturan permainan yang paling penting dan unik yang mungkin tampak agak canggung pada awalnya: Anda tidak pernah diizinkan untuk mengubah urutan kartu di tangan Anda! Ini adalah aturan yang sangat tidak biasa dan sulit untuk diikuti pada awalnya karena dalam kebanyakan permainan kartu Anda dapat melakukan apapun yang Anda inginkan dengan kartu Anda (dan sering kali Anda akan menemukan diri Anda bermain dengan gugup dengan kartu di tangan Anda mengubah urutannya terus menerus). Setelah beberapa saat Anda akan terbiasa dengan aturan ini, yang memainkan peran besar dalam permainan karena Anda harus menanam kacang sesuai urutan Anda menerimanya. Setiap kali Anda menggambar kartu baru, Anda harus menariknya satu per satu dan meletakkannya di belakang kartu terakhir di tangan Anda. Pada giliran Anda, Anda harus melakukan tindakan berikut Tutorial Aplikasi Terbaru :

Tanam buncis. Anda harus menanam kacang pertama di tangan Anda di salah satu ladang Anda. Jika mau, Anda bisa menanam yang kedua juga.

Gambar, tukar, dan donasikan kartu. Anda menarik 2 kartu paling atas dari dek undian dan meletakkannya menghadap ke atas di atas meja. Anda boleh menyimpan salah satu dari kartu-kartu ini, menyisihkannya untuk ditanam di langkah berikutnya, dan menukarkan yang lain bersama dengan kartu apa pun dari tangan Anda. Pemain lain mungkin menawarkan sejumlah kartu di tangan mereka untuk membeli kartu tertentu dari pemain aktif. Mereka juga harus segera menanam kartu yang akan mereka peroleh dari perdagangan. Jika tidak ada yang tertarik untuk membeli penawaran Anda, Anda dapat menyumbangkannya ke pemain lain. Anda mungkin ingin melakukan itu karena Anda mungkin tidak memiliki ladang kosong untuk menanamnya dan akan dipaksa untuk menjual beberapa biji yang sudah ditanam dengan keuntungan yang lebih rendah dari yang Anda inginkan atau mungkin tidak sama sekali. Anda dapat terus menukar / menyumbangkan kartu dari tangan Anda setelah 2 kartu terbuka disisihkan, diperdagangkan / disumbangkan. Pemain penerima donasi tidak wajib menerimanya. Dalam kesempatan seperti itu Anda akan dipaksa untuk menanam kartu yang tidak diinginkan orang lain.

Tanaman yang diperdagangkan / biji sumbangan. Selama langkah ini semua kartu yang disisihkan, diperdagangkan atau disumbangkan harus ditanam. Pemain mungkin (dan mungkin perlu) memanen dan menjual kacang dari ladang kacang untuk menanam kacang baru.

Gambar kartu kacang baru. Anda menarik 3 kartu dari dek undian, satu per satu dan meletakkannya di belakang tangan Anda.
Saat dek undian habis, kartu yang dibuang dikocok dan ditempatkan di atas meja, menjadi dek undian baru. Permainan berakhir saat draw deck habis untuk ketiga kalinya. Pemain kemudian memanen dan menjual kacang di ladang kacang mereka. Pemain dengan koin emas terbanyak memenangkan permainan.

Edisi terbaru dari permainan oleh Rio Grande termasuk edisi pertama dari ekspansi Jerman pertama serta aturan hingga tujuh pemain tetapi juga aturan dua pemain. Permainan dua pemain, yang digambarkan sebagai “duel kacang” memiliki beberapa modifikasi signifikan yang mengubah perasaan permainan secara drastis. Itu benar-benar bisa diharapkan karena tidak ada perdagangan apa pun dengan hanya dua pemain dalam game. Perubahan terpenting dalam versi ini adalah:

Seorang pemain hanya bisa menjual kacang pada gilirannya sendiri

Permainan berakhir saat draw deck habis untuk pertama kalinya

Selama langkah awal setiap giliran, pemain harus menanam atau membuang kartu yang disumbangkan kepadanya pada giliran terakhir.

Pemain menarik tiga (bukan dua) kartu dari dek undian dan meletakkannya menghadap ke atas di atas meja. Jika kartu paling atas pada tumpukan kartu buangan cocok dengan kartu yang diungkapkan dengan cara ini, pemain menambahkannya dan terus melakukannya sampai kartu paling atas dari tumpukan kartu buangan tidak cocok dengan kartu yang ditarik. Kemudian dia dapat menyimpan salah satu kartu ini dan menyumbangkan sisanya ke lawannya Cara Membuat Lockscreen Video .
Tayangan

Ketika saya diusulkan untuk mencoba permainan ini, saya harus mengakui bahwa saya agak enggan tentang hal itu karena saya pikir itu akan menjadi permainan yang agak konyol (saya guesKarena judulnya tidak banyak membantu untuk itu). Melihat bean card adalah kejutan yang menyenangkan, karena saya melihat kacang digambarkan dengan cara yang tidak pernah saya duga. Dan betapa anehnya kacang itu! Kacang bau (yuck!) Dan kacang dengan mata menghitam dari pertarungan kotak dan biji lilin yang memoles lantai. Hei, ini menyenangkan! Saya akui saya sempat agak kesulitan pada awalnya karena harus ingat untuk tidak mengotak-atik pesanan kartu saya mungkin karena saya banyak main Magic the Gathering, hehe! Selama permainan, saya menemukan diri saya mencoba memikirkan strategi terbaik untuk mendapatkan lebih banyak koin dan melakukan perdagangan yang menguntungkan dan ada banyak tawa dan interaksi pemain yang tidak pernah membuat saya bosan. Akhir dari permainan pertama membuat saya sangat bersemangat dan bersemangat untuk memulai permainan baru (dan membalas dendam yang manis). Sejak itu saya telah memainkan banyak game Bohnanza, jadi, mari kita lihat sedikit analisis kami tentang aspek inti dari game tersebut:

Komponen:

Komponen permainannya adalah kartu biasa dan sederhana tetapi dengan banyak perhatian pada detail. Kartu berbahan keras, stok kartu berkualitas, glossy dan sangat tahan aus. Saya jarang melihat permainan kartu dengan kartu dengan kualitas seperti itu. 9/10

Gameplay:

Bohnanza adalah permainan yang menurut saya tidak akan pernah bosan untuk saya mainkan. Putarannya cepat dan menarik untuk semua pemain. Mekanik perdagangan adalah faktor kunci untuk itu. Banyak yang akan mengatakan bahwa game ini cukup lurus ke depan dengan tidak banyak strategi yang terlibat, tetapi saya pikir ada banyak bahan untuk dipikirkan di sini. Pemain diharuskan untuk melakukan perdagangan yang menguntungkan mencoba mendapatkan keuntungan dari perdagangan lebih dari mereka akan membantu lawan mereka dan juga harus memutuskan kapan waktu terbaik untuk memanen tanaman mereka. Banyak pertanyaan penting membutuhkan keputusan yang bijak. Haruskah saya memanen sekarang dan menjual dengan keuntungan kurang dari maksimum agar dapat menanam tanaman baru atau haruskah saya menunggu sedikit lebih lama untuk mendapatkan keuntungan maksimal? Haruskah saya membeli ladang kacang ke-3? Aspek yang sangat positif dari permainan ini adalah fleksibilitasnya terhadap jumlah pemain. Mengacu pada edisi terbaru Rio Grande, ada modifikasi aturan yang disesuaikan menjadi 6-7, 4-5, 3 atau bahkan dua pemain. Aturan-aturan ini menjamin bahwa permainan akan tetap dapat dimainkan dan cukup menyenangkan terlepas dari jumlah pemain yang merupakan sesuatu yang secara umum tidak diperhatikan dan harus dipuji. Secara keseluruhan, kesederhanaan dalam mekanisme dan intrik yang cukup adalah kunci sukses di Bohnanza! 8/10

Kurva Pembelajaran:

Aturan mainnya cukup sederhana. Selama beberapa permainan pertama Anda mungkin menemukan diri Anda sedikit pelupa dan mengacaukan urutan kartu di tangan Anda. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah jangan pernah mengeluarkan kartu dari tangan Anda sampai perdagangan atau donasi diterima oleh pemain lain. Selain itu Anda tidak perlu mengingat aturan yang rumit. Nilai setiap tanaman kacang digambarkan di kartu, di “beanometer” serta kelangkaannya sehingga pada dasarnya Anda hanya perlu mengingat urutan tindakan selama giliran Anda. 8/10

Baca Juga  : Furnitur yang Dirancang Secara Individual Menciptakan Gaya Unik Di Rumah Anda

Tema:

Tema gim ini cukup sederhana. Anda adalah seorang petani kacang !! Anda terus-menerus diingatkan akan hal itu karena semua yang Anda lihat di atas meja adalah kartu kacang dan di ladang Anda, Anda melihat kacang dari jenis yang sama ditanam satu di bawah yang lain yang dekat dengan pertanian Anda yang sebenarnya. Semua biji kakao tidak memiliki kelangkaan yang sama dan tidak memiliki nilai pasar yang sama, artinya ada yang lebih langka dari yang lain, seperti biji kakao yang hanya dapat ditemukan 4 kali di geladak dan oleh karena itu sangat berharga (hanya menjual 4 mereka menghasilkan 4 koin). Itu juga terkait dengan kondisi pasar riil. Yang mungkin merusak sedikit perendaman dalam tema ini adalah keanehan kacang yang Anda tanam! Beberapa benar-benar konyol tapi itu bagian yang menyenangkan, jadi jelas tidak ada keluhan di sini. 7/10

Replayability:

Seperti yang saya katakan sebelumnya, Bohnanza adalah permainan yang tidak akan pernah bosan untuk saya mainkan. Ini sederhana dan cepat dan setiap game tidak akan pernah sama dengan yang lain. Anda akan ingin memainkan banyak permainan untuk memoles strategi Anda dan menguji ide-ide Anda, tetapi semuanya tergantung pada satu faktor: menyenangkan, saya ingin bermain lagi! 9/1

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *